skincare untuk fungal acne

5 Tips Mudah Memilih Skincare untuk Fungal Acne

Fungal acne, atau Pityrosporum Folliculitis, adalah jenis jerawat yang disebabkan oleh overgrowth dari jamur Pityrosporum.

Ini sering terjadi pada kulit berminyak dan lembap, dan bisa muncul sebagai bintik-bintik merah atau kecil, gatal, atau bernanah.

Fungal acne sering dianggap sebagai jerawat biasa, tetapi dapat menjadi sulit untuk diatasi karena respons terhadap produk perawatan kulit jerawat biasa sering tidak efektif.

Mengetahui jenis jerawat yang kamu alami penting karena dapat membantu dalam menentukan perawatan yang tepat.

Beberapa jenis jerawat memerlukan perawatan yang berbeda dan dapat menjadi lebih sulit untuk diatasi jika diterapkan dengan cara yang salah.

Misalnya, fungal acne memerlukan perawatan yang berbeda dari jerawat biasa yang disebabkan oleh minyak dan bakteri.

Mengetahui jenis jerawat yang kamu alami juga dapat membantu dalam menghindari faktor yang memperburuk kondisi kulitmu, seperti menghindari produk yang menyebabkan iritasi atau meningkatkan asupan makanan yang sehat.

Jadi, dalam keseluruhan, mengetahui jenis jerawat yang kamu alami dapat membantu dalam mencapai kulit yang lebih sehat dan terbebas dari jerawat.

Penyebab Fungal Acne

Memilih Skincare untuk Fungal Acne
Memilih Skincare untuk Fungal Acne

Penyebab utama fungal acne adalah overgrowth dari jamur Pityrosporum pada kulit. Beberapa faktor yang dapat memicu overgrowth ini termasuk:

  • Kelembaban yang berlebihan : Kelembaban yang berlebihan dapat meningkatkan kondisi yang cocok untuk pertumbuhan jamur.
  • Penggunaan produk yang tidak sesuai : Penggunaan produk yang mengandung bahan yang dapat menyumbat pori-pori seperti minyak, atau produk yang mengandung alkohol dapat memicu overgrowth jamur.
  • Kondisi kulit yang tidak sehat : Kondisi kulit yang tidak sehat seperti eksim atau dermatitis dapat membuat kulit lebih rentan terhadap infeksi jamur.
  • Hormon : perubahan hormon dapat membuat kulit lebih berminyak dan lembap, yang dapat memicu pertumbuhan jamur.

Itu sebabnya mengetahui jenis jerawat yang kamu alami penting untuk mengetahui cara perawatan yang tepat.

Rekomendasi Skincare untuk Fungal Acne

Beerikut ini adalah tips memilih skincare untuk fungal acne dari Belianita.com yang bisa kamu perimbangkan, antara lain:

Baca Juga  Cara Menghilangkan Daki yang Sudah Menghitam

1. Produk yang Mengandung Salicylic acid

Salicylic acid adalah beta hydroxy acid (BHA) yang sering digunakan dalam produk perawatan kulit untuk mengatasi jerawat.

Salicylic acid bekerja dengan mengeksfoliasi kulit dan membantu membersihkan pori-pori dari kotoran dan sebum yang menyumbat.

Hal ini membantu mengurangi peradangan dan mencegah jerawat dari muncul. Beberapa produk yang mengandung salicylic acid yang dapat digunakan untuk fungal acne diantaranya :

  • Cleanser
  • Toner
  • Spot treatment
  • Moisturizer

Selain itu, salicylic acid juga dapat ditemukan dalam produk yang digunakan secara topikal seperti gel, lotion, atau krim.

Namun, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau ahli kulit sebelum menggunakan produk yang mengandung salicylic acid jika kamu memiliki kulit yang sangat sensitif.

2. Produk yang Mengandung Benzoyl Peroxide

Benzoyl peroxide adalah bahan aktif yang sering digunakan dalam produk perawatan kulit untuk mengatasi jerawat.

Ini bekerja dengan menghilangkan bakteri yang menyebabkan jerawat dan mengurangi peradangan. Produk yang mengandung benzoyl peroxide termasuk :

  • Cleanser
  • Spot treatment
  • Moisturizer

Benzoyl peroxide dapat ditemukan dalam berbagai konsentrasi mulai dari 2,5% hingga 10%. Namun, konsentrasi yang lebih tinggi dapat menyebabkan iritasi kulit.

Sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau ahli kulit sebelum menggunakan produk yang mengandung benzoyl peroxide.

Sebagai catatan, Benzoyl peroxide dapat menyebabkan iritasi dan kering pada kulit, sehingga dapat menyebabkan overgrowth jamur, sehingga tidak dianjurkan untuk digunakan pada fungal acne.

3. Produk yang Mengandung Asam Kloramfenikol

Asam kloramfenikol adalah obat antijamur yang digunakan dalam beberapa produk perawatan kulit untuk mengatasi infeksi jamur, termasuk fungal acne.

Beberapa produk skincare yang mengandung asam kloramfenikol termasuk sabun atau gel mandi, lotion, atau krim.

Beberapa produk yang mengandung asam kloramfenikol yang mungkin dapat ditemukan di toko-toko atau di internet.

Namun, sebelum menggunakan produk ini, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli kulit untuk memastikan produk ini aman dan sesuai untuk digunakan pada kulitmu dan untuk mengetahui cara penggunaan yang benar.

Baca Juga  Tips Memilih Skincare untuk Kulit Berjerawat yang Tepat dan Aman

Selain itu, sebaiknya menghindari menggunakan produk yang mengandung asam kloramfenikol jika kamu memiliki kulit yang sensitif, karena dapat menyebabkan iritasi atau reaksi alergi.

4. Produk yang Mengandung Asam Laktat

Asam laktat adalah alpha hydroxy acid (AHA) yang digunakan dalam beberapa produk perawatan kulit untuk mengatasi kondisi kulit seperti kerutan, keriput, dan hyperpigmentation.

Asam laktat juga dapat digunakan untuk mengatasi fungal acne karena dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan mengurangi peradangan.

Beberapa produk skincare yang mengandung asam laktat termasuk toner, peeling, atau krim. Kamu bisa menemukan produk yang mengandung asam laktat di toko-toko atau di internet.

Namun, sebelum menggunakan produk ini, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli kulit untuk memastikan produk ini aman dan sesuai untuk digunakan pada kulitmu dan untuk mengetahui cara penggunaan yang benar.

Sebaiknya menghindari menggunakan produk yang mengandung asam laktat jika kamu memiliki kulit yang sangat sensitif, karena dapat menyebabkan iritasi atau reaksi alergi.

Jika kamu baru pertama kali menggunakan produk yang mengandung asam laktat, disarankan untuk mencobanya pada area kecil kulit terlebih dahulu untuk memastikan tidak ada reaksi yang tidak diinginkan.

Sebagai tambahan, sebaiknya menggunakan produk yang mengandung asam laktat pada malam hari dan menggunakan sunblock selama siang hari, karena asam laktat dapat meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar matahari.

5. Produk yang Mengandung Tea Tree Oil

Tea tree oil adalah minyak esensial yang diperoleh dari daun tea tree (Melaleuca alternifolia) yang digunakan dalam beberapa produk perawatan kulit untuk mengatasi berbagai kondisi kulit, termasuk fungal acne.

Tea tree oil memiliki sifat antijamur, anti-inflamasi dan antiseptik yang membantu untuk mengatasi infeksi jamur dan mengurangi peradangan pada kulit. Beberapa produk skincare yang mengandung tea tree oil termasuk toner, serum, atau krim.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Lem Bulu Mata dengan Aman

Cara Menggunakan Produk Skincare untuk Fungal Acne

Tips Memilih Skincare untuk Kulit Berjerawat yang Tepat dan Aman
Cara Menggunakan Produk Skincare untuk Fungal Acne

Cara menggunakan produk skincare untuk fungal acne tergantung pada jenis produk yang kamu gunakan. Namun, beberapa tips umum yang bisa kamu ikuti adalah sebagai berikut:

  1. Bersihkan wajah terlebih dahulu : Sebelum mengaplikasikan produk skincare, pastikan untuk membersihkan wajahmu dengan sabun wajah yang sesuai untuk jenis kulitmu.
  2. Gunakan produk skincare yang sesuai : Pilih produk skincare yang mengandung bahan-bahan yang diketahui dapat mengatasi fungal acne, seperti tea tree oil, asam kloramfenikol, atau asam laktat.
  3. Aplikasikan produk yang tepat : Aplikasikan produk skincare secara merata pada wajahmu, jangan lupa untuk menghindari area sekitar mata dan mulut.
  4. Hindari menggunakan produk yang berlebihan: Jangan menggunakan produk yang berlebihan karena dapat menyebabkan iritasi atau reaksi alergi pada kulit.
  5. Gunakan produk ini secara teratu : Gunakan produk skincare untuk fungal acne secara teratur untuk mendapatkan hasil yang optimal.
  6. Gunakan sunblock: Pastikan untuk menggunakan sunblock pada siang hari untuk melindungi kulitmu dari sinar matahari.
  7. Konsultasikan dengan dokter atau ahli kulit : Sebelum menggunakan produk skincare untuk fungal acne, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli kulit untuk memastikan produk ini aman dan sesuai untuk digunakan pada kulitmu dan untuk mengetahui cara penggunaan yang benar.

Secara keseluruhan, fungal acne adalah kondisi kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur. Ini dapat menyebabkan jerawat yang mirip dengan jerawat biasa, namun lebih sulit untuk disembuhkan.

Penting untuk mengetahui jenis jerawat yang Anda alami agar dapat menggunakan produk skincare yang tepat.

Beberapa produk yang dapat digunakan untuk mengatasi fungal acne termasuk produk yang mengandung tea tree oil, asam kloramfenikol, atau asam laktat.

Selain itu, penting untuk membersihkan wajah secara teratur, menghindari menggunakan produk berminyak, dan menjaga kebersihan peralatan make-up.

Belianita menyarankan kamu untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli kulit sebelum menggunakan produk skincare untuk fungal acne.

Kulit Berjerawat dan Berminyak? Ini Tips Memilih Skincare yang Tepat

10 Model Rambut Sebahu yang Bikin Kamu Tampil Cantik

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah yang Membandel

Perbedaan Moisturizer dan Sunscreen untuk Perawatan Kulit