Cara Memilih Kacamata yang Tepat untuk Bentuk Wajahmu

Cara Memilih Kacamata yang Tepat Sesuai Bentuk Wajahmu

Memilih kacamata yang tepat sangat penting untuk mendukung penampilanmu.

Kacamata bukan hanya sebagai alat koreksi mata, tapi juga dapat digunakan sebagai aksesori yang dapat menambah nilai estetika.

Namun, banyak orang yang kesulitan dalam memilih kacamata yang sesuai dengan bentuk wajah mereka.

Oleh karena itu, Belianita akan memberikan panduan untuk kamu dalam memilih kacamata yang sesuai dengan bentuk wajah.

Yuk simak ulasannya!

Bentuk Wajah dan Kacamata yang Cocok

Berikut ini adalah jenis kacamata yang cocok sesuai dengan bentuk wajah, jadi sebelum membeli kacamata sebaiknya kamu harus tahu apa bentuk wajahmu.

Ada 4 jenis bentuk wajah yaitu:

1. Bentuk Wajah Oval

kacamata Wayfarer
kacamata Wayfarer

Bentuk wajah oval adalah bentuk wajah yang paling ideal dan sering dianggap sebagai standar dalam pemilihan kacamata.

Bentuk wajah ini memiliki rasio yang seimbang antara panjang dan lebar wajah, dengan dahi yang lebar, hidung yang normal, dan mentol yang lebih sempit daripada dahi.

Jenis kacamata yang cocok untuk bentuk wajah oval adalah kacamata dengan frame yang tebal atau medium, karena frame yang tebal akan menambah kesan elegan dan maskulin pada wajah.

Beberapa contoh model kacamata yang cocok untuk bentuk wajah oval adalah kacamata wayfarer, kacamata aviator, dan kacamata round.

Namun, meskipun bentuk wajah oval adalah standar dalam pemilihan kacamata, itu tidak berarti bahwa kamu harus terbatas pada jenis kacamata yang disebutkan di atas.

Kamu bisa memilih kacamata yang terlihat baik di wajah. Yang penting adalah untuk menemukan kacamata yang sesuai dengan gaya pribadi dan fungsi yang diinginkan.

2. Bentuk Wajah Persegi

Memilih kacamata cat eye
Kacamata Cat Eye

Bentuk wajah persegi adalah bentuk wajah yang memiliki garis-garis tegas dan kuat, dengan dahi, hidung, dan mentol yang sama lebar. Bentuk wajah ini juga ditandai dengan jawline yang kuat dan kasar.

Jenis kacamata yang cocok untuk bentuk wajah persegi adalah kacamata dengan frame yang lebih lembut dan melengkung, yang akan menyeimbangkan garis-garis tegas dari wajah.

Beberapa contoh model kacamata yang cocok untuk bentuk wajah persegi adalah kacamata cat eye, kacamata oval, dan kacamata round.

Kamu juga bisa mencoba kacamata dengan frame yang cenderung berbentuk bulat, yang akan menambah kesan lembut pada wajah.

Baca Juga  6 Cara Menghilangkan Bau Ketiak di Baju

Namun, pastikan frame kacamata tersebut cukup besar dan tidak terlalu kecil, karena frame yang terlalu kecil akan menonjolkan garis-garis tegas dari wajahmu.

Sama seperti bentuk wajah oval, Kamu tidak harus memilih kacamata yang disebutkan di atas. Yang penting adalah untuk menemukan kacamata yang sesuai dengan gaya pribadi dan fungsi yang diinginkan.

Jangan ragu untuk mencoba berbagai jenis kacamata dan melihat mana yang terlihat baik di wajahmu.

3. Bentuk Wajah Bulat

Kacamata Aviator
Kacamata Aviator

Bentuk wajah bulat adalah bentuk wajah yang memiliki lebar yang sama dengan panjang, dengan dahi, hidung, dan mentol yang sama lebar dan ronde. Bentuk wajah ini juga ditandai dengan jawline yang lembut.

Jenis kacamata yang cocok untuk bentuk wajah bulat adalah kacamata dengan frame yang memiliki garis-garis horizontal yang kuat dan tegas, yang akan menambah kesan panjang pada wajah.

Beberapa contoh model kacamata yang cocok untuk bentuk wajah bulat adalah kacamata wayfarer, kacamata aviator, dan kacamata cat eye.

Kamu juga bisa mencoba kacamata dengan frame yang cenderung berbentuk persegi, yang akan menambah kesan lebih tegas pada wajahmu.

Yang penting adalah untuk memilih kacamata yang sesuai dengan gaya pribadi dan fungsi yang diinginkan.

Jangan ragu untuk mencoba berbagai jenis kacamata dan melihat mana yang terlihat baik di wajahmu.

Ingat juga bahwa kamu bisa mencoba berbagai opsi, seperti frame yang lebih tebal, warna yang berbeda, atau bentuk yang unik.

Hal ini akan membantu Kamu menemukan kacamata yang paling cocok untuk bentuk wajah bulat dan membuat penampilanmu lebih menarik dan percaya diri.

4. Bentuk Wajah Jantung

kacamata butterfly
Kacamata Butterfly

Bentuk wajah jantung adalah bentuk wajah yang memiliki dahi yang lebar, hidung yang sempit, dan mentol yang lebar.

Jenis kacamata yang cocok untuk bentuk wajah jantung adalah kacamata dengan frame yang memiliki garis-garis vertikal yang kuat dan tegas, yang akan menambah kesan keseimbangan pada wajah.

Beberapa contoh model kacamata yang cocok untuk bentuk wajah jantung adalah kacamata cat eye, kacamata round, dan kacamata butterfly.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Bulu Kucing di Baju dengan Mudah

Kamu bisa mencoba dan memilih kacamata dengan frame yang cenderung berbentuk persegi atau jantung, yang akan menambah kesan yang selaras dengan bentuk wajahmu.

Namun, pastikan frame kacamata tersebut cukup besar dan tidak terlalu kecil, karena frame yang terlalu kecil akan menonjolkan garis-garis tegas dari wajahmu.

Tips Memilih Kacamata

Setelah mengetahui jenis wajahmu dan kacamata apa yang cocok dan sesuai, kami akan memberikan tips memilih kacamata yang baik, antara lain:

1. Pertimbangkan Ukuran Wajah dan Kacamata

Kacamata Oversize
Kacamata Oversize

Memilih kacamata dengan ukuran yang salah dapat menyebabkan kacamata tidak nyaman digunakan dan juga dapat mengurangi efektivitas koreksi mata.

Untuk memastikan ukuran kacamata yang tepat, pertama-tama kamu perlu mengetahui ukuran wajahmu.

Untuk mengukur wajah dapat dilakukan dengan mengukur jarak dari satu sisi wajah ke sisi lain (lebar wajah) dan jarak dari atas ke bawah (panjang wajah).

Setelah mengetahui ukuran wajah, Kamu bisa memilih kacamata yang sesuai. Umumnya, frame kacamata yang lebih kecil cocok untuk wajah yang kecil, begitu juga sebaliknya.

Namun, kamu harus memperhatikan ukuran lensa kacamata, sebagai lensa yang terlalu besar atau terlalu kecil juga dapat menyebabkan kesulitan dalam melihat.

Kamu juga bisa mencoba kacamata di toko, dan memperhatikan apakah kacamata tersebut pas di wajah, apakah terlalu besar atau terlalu kecil, apakah terasa nyaman digunakan dan apakah lensa kacamata tersebut benar-benar melekat pada matamu.

Pastikan untuk mempertimbangkan ukuran wajah dan kacamata dalam proses memilih kacamata, agar kacamata tersebut nyaman digunakan dan dapat memberikan koreksi mata yang efektif.

2. Pilih Warna yang Cocok dengan Kulit

Kulit Putih dengan Kacamata Pink
Kulit Putih dengan Kacamata Pink

Warna kacamata yang sesuai dapat membuat kamu tampil lebih menarik dan percaya diri, sementara warna yang tidak sesuai dapat menyebabkan terlihat kurang menarik.

Untuk memilih warna kacamata yang cocok dengan kulit, pertama-tama kamu perlu mengetahui jenis kulitmu. Jenis kulit dapat diklasifikasikan sebagai kulit putih, kulit sawo matang, dan kulit hitam.

Kulit putih cocok dengan warna kacamata yang terang seperti silver, putih, atau pink. Warna-warna ini akan menyegarkan wajah dan membuat kamu terlihat lebih muda.

Kulit sawo matang cocok dengan warna kacamata yang lebih netral seperti hitam, abu-abu, atau coklat. Warna-warna ini akan menambah kesan elegan dan maskulin pada wajah.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Bintik Hitam di Baju dengan Cepat

Kulit hitam cocok dengan warna kacamata yang lebih gelap seperti hitam, coklat tua, atau merah. Warna-warna ini akan menambah kesan misterius dan menarik pada wajah.

Kamu juga bisa mencoba warna yang berbeda dan melihat mana yang terlihat baik di wajahmu. Ingatlah bahwa memilih warna kacamata juga harus disesuaikan dengan gaya pribadi kamu dan fungsi yang diinginkan.

3. Pertimbangkan Gaya Pribadi

Kacamata Gaya Bohemian
Kacamata Gaya Bohemian

Gaya pribadi yang sesuai dapat membuat kamu tampil lebih menarik dan percaya diri, sementara gaya yang tidak sesuai dapat menyebabkan terlihat kurang menarik.

Untuk mempertimbangkan gaya pribadi dalam memilih kacamata, pertama-tama kamu perlu mengetahui jenis gaya pribadimu.

Beberapa contoh gaya pribadi yang umum adalah gaya klasik, gaya modern, gaya sporty, dan gaya bohemian.

Gaya klasik cocok dengan kacamata yang memiliki frame yang tebal dan berbentuk persegi atau oval, seperti kacamata aviator atau wayfarer.

Gaya modern cocok dengan kacamata yang memiliki frame yang tipis dan unik, seperti kacamata cat eye atau round.

Gaya sporty cocok dengan kacamata yang memiliki frame yang kuat dan tahan lama, seperti kacamata sport atau goggles.

4. Pertimbangkan Fungsi Kacamata

Kacamata Renang
Kacamata Renang

Fungsi kacamata yang sesuai dapat membuat kamu lebih nyaman dan efektif dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, sementara fungsi yang tidak sesuai dapat menyebabkan kesulitan dalam melakukan aktivitas.

Untuk mempertimbangkan fungsi kacamata, pertama-tama kamu perlu mengetahui jenis kacamata yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Beberapa contoh jenis kacamata yang umum adalah kacamata biasa, kacamata pelindung, kacamata renang, dan kacamata latihan.

Kacamata biasa digunakan untuk koreksi mata atau sebagai aksesori fashion. Kacamata pelindung digunakan untuk melindungi mata dari bahaya seperti debu, asap, atau sinar matahari yang kuat.

Kacamata renang digunakan untuk melindungi mata saat berenang dan menjaga mata tetap kering. Kacamata latihan digunakan untuk melatih mata untuk memperbaiki kondisi mata seperti presbiopia atau miopia.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan dalam memilih kacamata yang sesuai dengan wajahmu. Semoga bermanfaat!

Tips Memilih Baju untuk Orang Pendek Agar Terlihat Tinggi

Rekomendasi Warna Celana yang Cocok untuk Baju Hitam

Cara Menghilangkan Bulu Kucing di Baju dengan Mudah

Cara Menghilangkan Bintik Hitam di Baju dengan Cepat