Cara Ampuh untuk Mengurangi Risiko Kanker Payudara

Cara Ampuh untuk Mengurangi Risiko Kanker Payudara

Kanker payudara adalah jenis kanker yang terjadi di jaringan payudara.

Ini adalah jenis kanker yang paling umum ditemukan pada wanita, meskipun pria juga dapat menderita kanker payudara.

Kanker payudara dapat muncul dalam bentuk tumor yang dapat diraba atau tidak diraba, atau dalam bentuk perubahan pada jaringan payudara.

Gejala kanker payudara dapat berupa benjolan atau perubahan bentuk payudara, perubahan warna atau tekstur kulit, atau cairan yang keluar dari puting.

Kanker payudara dapat diobati dengan berbagai metode seperti operasi, radiasi, atau kemoterapi, tergantung pada stadium kanker dan kondisi kesehatan pasien.

Pencegahan dan deteksi dini dapat membantu dalam mengurangi risiko kanker payudara dan meningkatkan tingkat kesembuhan.

Fakta dan Statistik tentang Kanker Payudara

Data Kanker 2020 di Seluruh Dunia
Data Kanker 2020 di Seluruh Dunia

Berikut ini adalah beberapa fakta tentang kanker payudara yang penting dan perlu kamu ketahui:

  • Kanker payudara adalah jenis kanker yang paling umum ditemukan pada wanita, dan merupakan penyebab kematian kedua terbanyak dari kanker pada wanita.
  • Menurut World Health Organization (WHO), setiap tahun di seluruh dunia terdiagnosis lebih dari 2 juta kasus baru kanker payudara dan sekitar 627.000 wanita meninggal akibat kanker payudara.
  • Risiko kanker payudara meningkat seiring bertambahnya usia, tetapi kanker payudara juga dapat terjadi pada wanita muda.
  • Faktor risiko yang dapat meningkatkan kemungkinan terkena kanker payudara antara lain adalah riwayat keluarga yang memiliki kanker payudara, riwayat kanker payudara pribadi, menopause setelah usia 55 tahun, tidak pernah hamil atau hamil pertama setelah usia 30 tahun, dan konsumsi alkohol yang berlebihan.
  • Pemeriksaan payudara sendiri, mammografi, dan ultrasound dapat digunakan untuk deteksi dini kanker payudara.
  • Pencegahan dan deteksi dini sangat penting dalam mengurangi risiko kanker payudara dan meningkatkan tingkat kesembuhan.

Cara untuk Mengurangi Risiko Kanker Payudara

Berikut ini tips dan langkah-langkah pencegahan dan penanganan untuk mengurangi risiko terkena kanker payudara:

1. Memahami tentang Kanker Payudara

Jenis Kanker Payudara
Jenis Kanker Payudara

Pemahaman tentang kanker payudara sangat penting untuk membantu dalam mencegah dan mengatasi kanker payudara.

Hal ini dapat dilakukan dengan cara berikut:

  1. Mengetahui fakta dan gejala kanker payudara : Ini termasuk mengetahui tanda-tanda dan gejala yang mungkin muncul seperti benjolan di payudara atau di sekitar puting, perubahan warna atau tekstur kulit, atau cairan yang keluar dari puting.
  2. Mengetahui risiko pribadi : Setiap individu memiliki risiko yang berbeda terkena kanker payudara. Beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan risiko termasuk riwayat keluarga yang memiliki kanker payudara, usia, dan konsumsi alkohol yang berlebihan.
  3. Mencari sumber informasi yang dapat dipercayai : Ada banyak sumber informasi yang tersedia, tetapi tidak semua sumber tersebut dapat dipercayai. Sumber informasi yang dapat dipercayai dapat diperoleh dari organisasi kesehatan atau dari dokter yang memiliki spesialisasi dalam kanker payudara.
  4. Belajar tentang pemeriksaan payudara : Pemeriksaan payudara sendiri, mammografi, dan ultrasound dapat digunakan untuk deteksi dini kanker payudara.
  5. Pendidikan tentang pengobatan dan rehabilitasi : Jika terdiagnosis kanker payudara, pendidikan tentang pengobatan dan rehabilitasi yang tersedia sangat penting untuk memahami pilihan pengobatan dan efek samping yang mungkin terjadi.
Baca Juga  Makanan yang Harus Dihindari Saat Radang Tenggorokan

Pendidikan tentang kanker payudara sangat penting untuk membantu dalam mencegah dan mengatasi kanker payudara, dan memperkuat kesehatan payudara secara keseluruhan.

2. Skrining Kanker Payudara

MRI (Magnetic Resonance Imaging) Payudara
MRI (Magnetic Resonance Imaging) Payudara

Skrining kanker payudara adalah proses deteksi dini kanker payudara dengan cara mencari tanda atau gejala dini kanker payudara sebelum muncul gejala yang jelas. Ini dapat dilakukan dengan cara berikut:

  1. Pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) : Ini adalah cara untuk mengetahui perubahan pada payudara yang dapat dilakukan sendiri di rumah. Pemeriksaan payudara sendiri harus dilakukan setiap bulan setelah haid.
  2. Mammografi : Ini adalah tes pemeriksaan payudara yang menggunakan radiasi X-ray untuk mengambil gambar dari dalam payudara. Ini digunakan untuk menemukan kanker payudara sebelum muncul gejala yang jelas.
  3. Ultrasound : Ini adalah tes pemeriksaan payudara yang menggunakan gelombang suara untuk mengambil gambar dari dalam payudara. Ultrasound dapat digunakan untuk mengevaluasi kekeruhan atau benjolan yang ditemukan pada hasil mammografi.
  4. MRI (Magnetic Resonance Imaging) : Ini adalah tes pemeriksaan yang menggunakan energi magnet dan gelombang radio untuk mengambil gambar dari dalam payudara. MRI digunakan untuk mengevaluasi kekeruhan atau benjolan yang ditemukan pada hasil mammografi atau ultrasound.
  5. Biopsi : Ini adalah tes yang dilakukan untuk mengambil sampel jaringan payudara yang kemudian dianalisa untuk mengetahui apakah terdapat sel kanker.

Usia mulai melakukan skrining kanker payudara bervariasi, tetapi umumnya direkomendasikan sejak usia 50-55 tahun dan diulang setiap 2-3 tahun.

Baca Juga  Rahasia Ampuh Mengatasi Masalah Kulit Kaki Wanita

Namun, jika ada faktor risiko yang lebih tinggi, skrining dapat dimulai lebih awal.

Penting untuk diingat, setiap individu memiliki risiko yang berbeda terkena kanker payudara, sehingga penting untuk berbicara dengan dokter untuk menentukan jadwal skrining yang sesuai.

3. Pola Hidup Sehat

Pola Hidup Sehat dengan Olahraga
Pola Hidup Sehat dengan Olahraga

Menjaga pola hidup sehat dapat membantu dalam mengurangi risiko kanker payudara.

Beberapa cara untuk menjaga pola hidup sehat yang dapat dilakukan adalah:

  1. Menjaga berat badan yang ideal : Kelebihan berat badan atau obesitas dapat meningkatkan risiko kanker payudara. Menjaga berat badan yang sehat dapat dilakukan dengan mengatur asupan kalori dan melakukan aktivitas fisik secara teratur.
  2. Melakukan aktivitas fisik : Aktivitas fisik dapat membantu dalam menurunkan risiko kanker payudara. Direkomendasikan untuk melakukan aktivitas fisik selama 150 menit per minggu atau lebih.
  3. Menghindari rokok dan mengurangi konsumsi alkohol : Merokok dan konsumsi alkohol berlebihan dapat meningkatkan risiko kanker payudara.
  4. Makan makanan yang sehat : Diet yang sehat dapat membantu dalam menurunkan risiko kanker payudara. Makan makanan yang kaya akan sayuran dan buah-buahan, rendah lemak, dan kaya akan protein nabati dapat membantu dalam menjaga kesehatan payudara.
  5. Menghindari paparan radiasi : Paparan radiasi yang berlebihan dapat meningkatkan risiko kanker payudara. Menghindari paparan radiasi yang berlebihan dapat dilakukan dengan cara menghindari sinar matahari yang berlebihan atau menghindari penggunaan peralatan elektronik yang berlebihan.

Melakukan pola hidup sehat dapat membantu dalam menurunkan risiko kanker payudara dan memperkuat kesehatan payudara secara keseluruhan.

Namun sebaiknya tetap diskusikan dengan dokter untuk mengetahui program yang sesuai dengan kondisi kesehatan masing-masing.

4. Konsumsi Makanan yang Sehat

Makanan Sehat Salah Satu Cara Mengurangi Risiko Kanker Payudara
Makanan Sehat

Konsumsi makanan yang sehat dapat membantu dalam menurunkan risiko kanker payudara.

Baca Juga  5 Langkah Sederhana untuk Menurunkan Berat Badan dan Meningkatkan Metabolisme

Beberapa cara untuk mengonsumsi makanan yang sehat adalah:

  1. Konsumsi makanan yang kaya akan serat : Makanan yang kaya akan serat seperti sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian dapat membantu dalam menurunkan risiko kanker payudara.
  2. Konsumsi makanan yang kaya akan antioksidan : Makanan yang kaya akan antioksidan seperti buah-buahan berwarna, sayuran hijau, kacang-kacangan, dan biji-bijian dapat membantu dalam melindungi sel-sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.
  3. Hindari makanan yang tinggi lemak : Makanan yang tinggi lemak seperti daging merah, produk olahan daging, dan produk olahan susu dapat meningkatkan risiko kanker payudara.
  4. Konsumsi ikan : Ikan yang kaya akan asam lemak omega-3 seperti salmon, tuna, dan sarden dapat membantu dalam menurunkan risiko kanker payudara.
  5. Konsumsi bahan makanan yang rendah kalori : Menjaga asupan kalori dalam jumlah yang seimbang dapat membantu dalam menjaga berat badan yang sehat dan menurunkan risiko kanker payudara.
  6. Konsumsi makanan yang rendah gula : Konsumsi gula yang berlebihan dapat meningkatkan risiko kanker payudara, oleh karena itu sebaiknya hindari makanan yang tinggi gula

Selain dapat mengurangi resiko terkena kanker payudara, dengan mengonsumsi makanan yang sehat kamu juga terhindar dari resiko penyakit lainnya.

5. Hindari Paparan Radiasi

Gambar Ilustrasi Penggunaan Smartphone
Gambar Ilustrasi Penggunaan Smartphone

Paparan radiasi dapat meningkatkan risiko kanker payudara.

Beberapa cara untuk melindungi diri dari paparan radiasi adalah:

  1. Hindari sinar matahari yang berlebihan : Sinar matahari yang berlebihan dapat meningkatkan risiko kanker payudara. Menghindari sinar matahari yang berlebihan dapat dilakukan dengan cara menghindari berada di luar pada saat sinar matahari paling kuat (10 pagi – 4 sore) dan menggunakan tabir surya dengan SPF yang cukup tinggi.
  2. Menghindari penggunaan peralatan elektronik yang berlebihan : Penggunaan peralatan elektronik seperti ponsel, tablet, dan laptop dapat menyebabkan paparan radiasi. Menghindari penggunaan peralatan elektronik yang berlebihan dapat dilakukan dengan cara mengurangi waktu menggunakann

Dengan menerapkan langkah-langkah pencegahan diatas, dapat mengurangi resiko terkena kanker payudara.

Belianita menyarankan kamu untuk berkonsultasi dengan dokter atau dokter spesialis payudara untuk informasi yang lebih akurat dan penganganan yang lebih baik.

5 Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Gatal yang Menghitam

7 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami

7 Cara Mengatasi Kulit Kering, Bersisik, dan Gatal

Makanan yang Harus Dihindari oleh Penderita Kolesterol